Rabu, 12 September 2012

5 Tips Cara Membuat Lagu untuk Pemula


Apakah Anda suka membuat lagu?

Membuat lagu adalah hobi yang menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa mendapat penghasilan dari lagu-lagu yang Anda tulis. Sudah senang, dibayar pula!

Tapi, banyak penulis lagu yang tidak tahu cara membuat lagu. Banyak yang bingung kalau mulai menulis lagu harus darimana? Harus dari lirik, atau melodi?

Supaya Anda tidak bingung lagi, berikut saya bagikan cara membuat lagu.

Tips cara membuat lagu

1. Pilih tema yang cocok untuk Anda

Lagu yang bagus berawal dari tema lagu yang bagus. Masing-masing tema punya jodohnya.

Contohnya, tema cinta remaja cocok dinyanyikan kalau Anda artis solo atau band Pop. Tema lain seperti masalah sosial atau lingkungan cocok dinyanyikan kalau Anda punya band Rock atau Folk, seperti band Efek Rumah Kaca.

2. Tulis lirik yang menceritakan tema Anda

Setelah memilih tema, selanjutnya Anda mulai mencari liriknya. Saya sarankan liriknya sesuai dengan emosi lagu Anda. Kalau tema lagunya punya emosi ceria, tulislah lirik yang ceria. Sebaliknya, kalau tema lagunya sedih atau murung, tulislah lirik yang serupa.

Cara membuat lagu yang menyentuh adalah dengan menulis lirik-lirik yang emosinya sesuai tema.

3. Cari melodi yang pas dengan lirik Anda

Biasanya, setiap kata dalam bahasa Indonesia sudah punya “melodi”nya alaminya. Coba Anda ucapkan lirik yang sudah Anda tulis secara lantang. Sambil begitu, coba Anda dengarkan bagaimana irama alami dari lirik yang Anda ucapkan, dan seperti apa gelombang melodi yang sudah ada di dalamnya.

Melodi yang bagus adalah melodi yang mengikuti bentuk bahasa alamiah liriknya.

4. Buat progresi kord untuk mengiringi melodi

Apa untungnya menulis lirik dan melodi dulu, baru kord? Untungnya adalah Anda bisa mendapat melodi yang lebih unik dan lebih hidup. Biasanya kalau orang mulai membuat lagu dari kordnya dulu, melodinya bisa mati atau kaku karena terpaksa ikut kord.

Progresi kord yang Anda tulis sebaiknya dipertahankan simpel. Kord yang simpel dipadu dengan melodi yang unik adalah salah satu rahasia cara membuat lagu yang bagus.

5. Tambahkan fills supaya lagu Anda lebih berisi

Selain lirik, melodi, dan kord, Anda juga perlu menambahkan fills atau isian. Tanpa isian ini, lagu Anda bisa terdengar kurang berisi atau garing.

Cara membuat lagu dengan menambah fills adalah dengan menambah instrumen lain. Contohnya, kalau Anda menulis lagu di gitar, coba tambahkan bagian piano. Atau bisa juga Anda tambahkan backing vocal supaya vokalnya lebih ramai.

Apakah Anda penulis lagu pemula? Atau Anda sudah sering membuat lagu? Apa lagi tambahan tips cara membuat lagu dari Anda?

Kalau Anda perlu tips lebih lanjut tentang cara membuat lagu, silakan kunjungi web saya di http://mahirmenulislagu.com


Tetap Smart Hits!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar